7 Makanan Dan Buah Yang Bagus Untuk Asam Lambung

Asam Lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD) ini termasuk dalam penyakit pencernaan kronis yang disebabkan oleh naiknya asam lambung menuju esofagus (kerongkongan) dan menimbulkan nyeri pada ulu hati (heartburn). Penyakit asam lambung serta gejala yang menyertainya dapat diatasi dengan obat-obatan medis seperti antasida, cimetidine, atau ranitidin tentunya semuanya harus sesuai resep dokter

Namun sbenarnya ada cara alami untuk menurunkan kadar asam lambung kita yakni dengan mengkonsumsi beberapa bahan makanan serta buah-buahan yang ada disekitar kita. Namun sebagian makanan atau buah-buahan ada juga yang malah justru memperparah peningkatan kadar asam lambung pada tubuh kita.

 
Untuk mengurangi gejala penyakit asam lambung dan agar penyakit asam lambung tidak menjadi semakin parah, para penderitanya harus menghindari beberapa bahan makanan serta buah-buahan seperti cokelat, alkohol, kopi dan minuman berkafein, buah sitrus seperti jeruk dan lemon, serta tomat. Bawang merah, bawang putih, peppermint, dan makanan pedas juga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi pada penderita asam lambung demi mempercepat proses penyembuhan.


7 Makanan Dan Buah Yang Bagus Untuk Asam Lambung

 

  1. Pisang.
    Pisang dapat dikonsumsi sebagai buah untuk asam lambung.  Buah Pisang ini mengandung pH 5,6 yang sangat bagus untuk membantu meringankan gejala  pada penyakit asam lambung. Namun, kemampuan pisang dalam mengatasi kondisi ini tidak berlaku pada semua orang. Karena ada kelompok kecil orang yang justru melaporkan bahwa penyakit asam lambung memburuk setelah mengonsumsi buah pisang.
  2. Melon.
    Buah melon dengan kadar pH 6,1 juga baik untuk para penderita asam lambung. Namun sama dengan pisang, ada beberapa penderita penyakit asam lambung yang justu memburuk setelah mengkonsumsi buah melon sehingga  harus menghindari buah melon ini.
  3. Semangka, Apel, Pir.
    Ketiga buah ini juga sangat disarankan oleh ahli gizi untuk dikonsumsi oleh penderita kelebihan asam lambung.
  4. Oatmeal.
    Selain buah untuk asam lambung, terdapat pula jenis makanan yang dapat membantu meringankan gejala Asam Lambung atau GERD, salah satunya adalah oatmeal. Oatmeal adalah salah satu makanan diet yang baik untuk penderita penyakit asam lambung karena dapat menyerap asam di lambung sehingga dapat mengurangi gejal asam lambung.
  5. Sayuran Hijau.
    Sayuran hijau seperti kacang hijau, brokoli, asparagus, kembang kol, selada, kentang, dan mentimun merupakan sayuran yang rendah lemak dan rendah gula. Jenis sayuran ini selain bagus untuk menurunkan berat badan juga sangat bermanfaat untuk mengurangi asam lambung.
  6. Daging Tanpa Lemak.
    Daging sapi, ayam, dan ikan yang diolah dengan cara dipanggang, dikukus, atau direbus juga bisa menjadi makanan yang baik untuk penderita asam penyakit lambung. Seafood atau boga bahari yang rendah lemak  pun bisa Anda konsumsi, asalkan tidak digoreng dan tidak berlebihan.
  7. Jahe, Adas, Lidah Buaya.
    Terdapat beberapa tanaman herbal yang dapat membantu meringankan gejala penyakit tersebut, yakni ketiga herbal diatas yaitu jahe, adas, dan lidah buaya. Jahe dikenal sebagai obat anti-inflamasi yang terbukti ampuh dan merupakan salah satu pilihan makanan terbaik untuk meredakan gejala penyakit asam lambung. Adas dengan pH 6,9 juga dipercaya bagus untuk penderita penyakit asam lambung karena dapat meningkatkan fungsi lambung. Aloe vera atau lidah buaya juga terkenal sebagai tanaman herbal untuk menangani gejala penyakit asam lambung.
Diatas adalah 7 Makanan Dan Buah Yang Bagus Untuk Asam Lambung kita dan jangan salah makan buah dimana semua buah memang bagus untuk kesehatan namun anda harus tahu dulu dengan kondisi tubuh kita terlebih dahulu. Salam Sehat Gaess..

Sumber
7 Makanan Dan Buah Yang Bagus Untuk Asam Lambung 7 Makanan Dan Buah Yang Bagus Untuk Asam Lambung Reviewed by Nzawix on November 17, 2018 Rating: 5

1 komentar:

  1. Minimal deposit 50rb
    Bonus member baru 30%
    Bonus harian 5%
    Aman & Terpercaya
    hanya di bit.do/bolay0

    Whatsapp kami
    bit.do/WA_BOLAYO

    +6282321807397

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.